Wisata

Batik Banyuwangi Masih Diminati Sebagai Busana Lebaran

Senin, 17 Mei 2021 - 13:22
Batik Banyuwangi Masih Diminati Sebagai Busana Lebaran Salah satu batik Produksi Suhaeri. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMES JEPARA, BANYUWANGI – Pesona keindahan Batik Banyuwangi rupanya masih diminati oleh sebagian besar masyarakat bumi Belambangan untuk dipakai saat momentum hari raya Idul Fitri 1442H ini.

Hal ini terlihat dari semakin banyaknya muda-mudi yang gemar memakai batik untuk acara formal maupun informal sekalipun.

Tak hanya itu, pesanan dari sejumlah kalangan juga membanjiri sebagian pengrajin batik di kabupaten Banyuwangi. Salah satunya seperti yang dialami oleh Suhaeri (52) pengrajin batik asal Dusun Krajan, Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam sebulan dirinya mampu meraup keuntungan hingga Rp50 Juta Rupiah. Pada momentum kali ini beragam jenis batik laris manis ia jajakan. Mulai dari jenis batik tulis hingga batik stampel atau yang biasa dikenal batik cap.

"Banyak sekali motif batik yang laku keras disini, tentunya kami sangat bersyukur dengan keadaan ini, yang pasti minat masyarakat untuk memakai batik saat hari raya idul fitri bisa dibilang lumayan banyak," cetus suhaeri.

Dengan adanya hal ini, dirinya berharap agar tren penggunaan Batik Banyuwangi untuk dipakai saat hari besar Islam maupun hari besar lainnya bisa terus menjamur dimasyarakat. Selain sebagai fashion yang kental dengan budaya bangsa. Hal ini juga sebagai pendorong perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

"Tentunya kita patut berbangga dengan adanya warisan budaya batik di Indonesia ini, terlebih di kabupaten Banyuwangi itu sendiri. Tren batik untuk hari raya Idul Fitri 1442H bisa menjadi pendongkrak ekonomi dimasa sulit ini," ungkapnya. (*)

Pewarta : Riswan Efendi (MG-307)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jepara just now

Welcome to TIMES Jepara

TIMES Jepara is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.