Berita

Panglima TNI dan Kapolri Siapkan Pasukan Tambahan untuk PPKM Mikro di Jatim

Jumat, 18 Juni 2021 - 19:30
Panglima TNI dan Kapolri Siapkan Pasukan Tambahan untuk PPKM Mikro di Jatim Panglima TNI usai rapat bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito di Lanudal Juanda, Surabaya, Jumat (17/6/2021). (foto: dok Puspen TNI)

TIMES JEPARA, SURABAYAPanglima TNI dan Kapolri menegaskan akan menambah pasukan untuk melaksanakan PPKM Mikro di beberapa titik Posko disekitar Jawa Timur guna mencegah makin meningkatnya kasus baru. Ini dilakukan menyusul lonjakan Covid-19 di area Jawa Timur, dalam hal ini Bangkalan. Di Kabupaten Bangkalan, sendiri hingga saat ini terdapat 735 Kasus Positif.

Pasukan TNI dari Marinir, Yonif Mekanis 516/CY dan Yonarh 8/MBC serta Pasukan  Brimob dari Polda Jatim akan memperkuat pelaksanaan PPKM Mikro serta bertugas di titik penyekatan sisi Jembatan Suramadu dan dari arah Sampang, Pamekasan, Sumenep. Warga yang akan melintas harus melaksanakan Swab antigen, juga terhadap penumpang di Pelabuhan Kamal dan Tanjung Perak.

PPKM Mikro panglima kapolri 2

"Setiap petugas yang bertugas di PPKM Skala Mikro, l harus mengetahui tugasnya secara detail dengan memberi pemahaman yang baik sehingga setiap petugas dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal, baik untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan, penyekatan, testing, tracing, pengawasan isolasi mandiri, pemantauan dan distribusi logistik," kata Panglima TNI usai rapat bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito di Lanudal Juanda, Surabaya, Jumat (17/6/2021).

Rapat siang ini diikuti oleh, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya, Pangkoarmada II, Pangkoops AU II, Kapolda Jatim, Danpuspenerbal, Dankormar, Kabinda Jatim, Danlanudal, Asops Kasdam V/Brawijaya, Kakesdam V/Brawijaya, PLT Dirbinmas Polda Jatim, Kapolresta Sidoarjo, Kasat brimob Polda Jateng, Yonif Mekanis 516/CY dan Danyon Arhanud 8/MBC.

PPKM Mikro panglima kapolri 3

Disamping itu Panglima TNI juga menekankan para petugas untuk melaksanakan terus pemantauan kasus aktif, angka kematian, angka kesembuhan, BOR (Bed Occupancy Rate) ICU, dan BOR isolasi untuk dilaporkan data tersebut secara obyektif agar menjadi bahan evaluasi yang obyektif.

"Data yang obyektif tentu akan memungkinkan untuk mengambil langkah antisipasi dengan segera untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus kembali," tegas Panglima TNI.

Treatment juga harus berjalan dengan baik, yaitu ketersediaan tempat tidur rumah sakit, tenaga kesehatan, alat kesehatan yang dibutuhkan, obat-obatan, serta tempat dan pelaksanaan isolasi mandiri dan tentunya hal tersebut harus selalu dievaluasi guna mengambil langkah perbaikan yang dibutuhkan.

"Harus dipahami oleh setiap Petugas, bahwa Tugas Posko PPKM Mikro diantaranya Pelacakan kontak erat, Pengawasan ketat isolasi mandiri, Menutup tempat umum, Melarang kerumunan, Membatasi keluar masuk RT/RW serta Pencatatan data," kata Panglima TNI. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jepara just now

Welcome to TIMES Jepara

TIMES Jepara is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.