Berita

Isu MLB PKB Bisa Hilangkan Peluang Gus Ami di Pilpres 2024

Jumat, 16 April 2021 - 14:39
Isu MLB PKB Bisa Hilangkan Peluang Gus Ami di Pilpres 2024 Ketum Partai PKB, Muhaimin Iskandar. (FOTO: Instagram/Cakimin)

TIMES JEPARA, JAKARTA – Peneliti Pusat Penelitian Politik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti mengatakan, isu Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB untuk menjatuhkan Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Ami) atau Cak Imin dari Kursi Ketua Umum adalah cukup merugikan.

Menurutnya, hal itu berpotensi menjadi penghalang bagi Cak Imin di Pilpres 2024 nanti. "Cak Imin bisa kehilangan peluang masuk dalam kontestasi pemilu ke depan, misalnya dalam kompetisi capres/cawapres," ujar Aisah kepada awak media.

Ia mengatakan, bila Cak Imin gagal mengelola isu MLB ini, PKB akan terjerembab pada konflik jangka panjang yang bisa mengganggu kerja partai dan merugikan elektabilitas ke depan.

Selanjutnya, Cak Imin akan kehilangan kepercayaan dari loyalisnya, dan bahkan posisi paling buruknya bisa kehilangan posisinya sebagai ketum partai.

Akan tetapi, lanjut dia, konflik internal partai seperti PKB saat ini adalah hal wajar. Perbedaan cara pandang terhadap organisasi, program kerja, ideologi itu dikelola untuk membangun partai dengan demokratis. Sehingga jika timbul friksi merupakan hal yang baik bagi partai.

"Nampaknya MLB ditujukan untuk membahas ulang mekanisme pemilihan pemimpin partai di level daerah yang dinilai keluar dari ketentuan partai, dan masih pada mekanisme internal partai. Sehingga menurut saya masih dalam kondisi wajar dan seharusnya organisasi partai berjalan," ujarnya.

Sebelumnya, Partai PKB yang dinahkodai  Cak Imin dinilai saat ini sudah dikuasai oligarki dan nepotisme. Menurutnya, masalah tersebut bertentangan dengan semangat berdirinya PKB pada 1998 lalu.

Hal itu dikarenakan, mereka menyebut banyak keputusan-keputusan politik Cak Imin belakangan ini yang bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PKB. Salah satunya dengan menunjuk para Ketua DPC dan DPW tanpa adanya forum berdemokrasi.

Dampaknya, isu MLB di tubuh PKB untuk menjatuhkan Gus Ami atau Cak Imin pun kini ramai diperbincangkan. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jepara just now

Welcome to TIMES Jepara

TIMES Jepara is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.