Berita

Ziarah ke Surakarta, Airlangga Hartarto Masih Miliki Keturunan Trah Mangkunegara

Jumat, 18 Juni 2021 - 19:22
Ziarah ke Surakarta, Airlangga Hartarto Masih Miliki Keturunan Trah Mangkunegara Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto, menyempatkan diri berziarah ke Komplek Pemakaman Astana Oetara, Surakarta, Jumat (18/6/2021). (Foto: Kemenko Perekonomian RI)

TIMES JEPARA, SURAKARTAMenko Perekonomian RI Airlangga Hartarto, menyempatkan diri berziarah ke Komplek Pemakaman Astana Oetara, Surakarta, Jumat (18/6/2021). Melalui ziarah ini, diketahui bahwa Airlangga masih memiliki keturunan dari Trah Mangkunegara.

Astana Oetara adalah Komplek Pemakaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VI beserta keluarga, kerabat dan para abdi dalemnya.

Airlangga Hartarto 2

Eyang dari Airlangga Hartarto, yang bernama R Sastro Sunarto bin RM Ng Mangoen Bisono dan istrinya, RM Ngt Soeparti Soenarto binti R Ng Parto Waidjojo Hardjowoewito dimakamkan di komplek pemakaman bagian depan.

"Itu tadi, ayahnya Bapak saya, jadi Eyang Kakung dan Eyang Putri," ujar Airlangga singkat, sebelum meninggalkan komplek pemakaman.

Airlangga Hartarto 3

Menurut keterangan dari Juru Kunci Astana Oetara, RM Haryanto, semua yang dimakamkan di Astana harus ada kaitannya dengan Mangkunegara VI, dan R Sastro Sunarto adalah salah satu pejabat di Era Mangkunegara VI dan yang juga masih ada hubungan kerabat.

"Dulu Eyangnya Pak Airlangga adalah Jaksanya Mangkunegara VI, dan juga ada keturunan trah dari Mangkunegara II," ujar Haryanto.

Airlangga Hartarto 4

Selain Eyangnya ada sejumlah anggota keluarga lain lain seperti Bulek dan Bude dari Airlangga Hartarto yang juga dimakamkan di sana.

Sebagai informasi, Menko Perekonomian RIAirlangga Hartarto yang akan menghadiri sejumlah acara di Kota Surakarta, Selepas Ziarah dan Sholat Jumat, Airlangga dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja di Hotel Alila, dan menjadi pembicara pada acara Webinar bersama Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret (UNS). (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jepara just now

Welcome to TIMES Jepara

TIMES Jepara is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.